Thursday 30 October 2014

Karburator Motor Sulit Langsam

       
Contoh Pilot Jet
        Mungkin agan pernah merasakan ketika menyetel karburator motor susah/sulit langsam/stasioner. Sekrup udara (air screw) sudah diputar-putar tapi tetap tidak ada pengaruh sama sekali bahkan ketika sekrup udara diputar sampai mentok (ditutup) tetap saja mesin menyala bahkan malah teriak. Karena normalnya kalau sekrup udara ditutup maka mesin juga mati. Begitu juga ketika setelan gas dikarburator diputar-putar tetap tidak berpengaruh bahkan mesin malah teriak dan kalau putaran gas dikecilkan motor malah mati, jadi motor maunya digas terus. Kondisi ini pernah saya alami ketika menyeting karburator Jupiter MX saya yang sudah lama tidak terpakai. Dan dalam kesempatan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya ini agar ketika agan mengalami kasus seperti ini, yaitu karburator motor sulit langsam maka agan tidak perlu bingung lagi.
         Begini ceritanya, setelah beberapa lama utak-atik karburator ternyata baru ketemu masalahnya, yaitu PILOT JET atau spuyer yang ukurannya kecil yang bertugas untuk menyuplai semburan gas bahan bakar pada putaran mesin langsam atau stasioner yaitu kira-kira dibawah 1500 RPM ternyata tersumbat atau kotor karena motor sudah lama tidak terpakai. Jadi solusinya bersihkan saja spuyer tersebut (pilot jet) sampai benar-benar bersih. Gunakan Carburator Cleaner agar kotoran yang mengeras bisa lunak dan mudah keluar ketika disemprot dengan udara bertekanan tinggi (Kompressor angin). Kalau hal itu dirasa masih kurang dan lubang spuyer masih agak tertutup, agan bisa menggunakan ujung kawat dari tali kopling. Cukup gunakan satu helai saja kemudian di rojok lubang spuyernya sampai lubang terlihat benar-benar terbuka seperti kondisi awal. Ok....semoga bermanfaat ya.

No comments: