Saturday 18 October 2014

Cara Menentukan Top Kompresi

Menentukan top kompresi sangat diperlukan dalam mengotak-atik komponen kepala silinder (cylinder head) yang berisi komponen mekanisme kerja klep. Gunanya antara lain yaitu untuk menyetel kerengangan klep (celah klep), service silinder head (membersihkan ruang pembakaran dari kerak sisa pembakaran), bongkar pasang komponen mekanisme klep, seperti mengganti klep, pelatuk (rocker arm), bos klep, seal klep, noken as, per klep, sitting klep, pokoknya semua yang berhubungan dengan silinder head. Ada beberapa cara untuk menentukan top kompresi (top compression), diantaranya :
  1. Buka baut tutup lubang intip yang ada di sebelah kiri blok mesin (tempat magnet), biasanya bautnya ukuran 17. Buka juga lubang penutup baut magnetnya yang berada ditengah-tengah, biasanya juga ukurannya 17  Kemudian buka kedua tutup klepnya (atas dan bawah). Setelah semua penutup dibuka, putarlah magnet dengan menggunakan kunci sok 17 melalui lobang penutup baut magnet kearah berlawanan dengan arah jarum jam sampai muncul huruf T dilubang intip. Setelah itu tekan kedua pelatuk (rocker arm) dengan jari, dan rasakan apakah sudah bebas atau belum, apabila pelatuk masih terasa menekan, putarlah kembali magnet 360 derajat sampai muncul kembali tanda T dilubang intip, pasti sekarang kedua pelatuk sudah bebas. Itulah yang disebut Top Kompresi, barulah agan bisa menyetel kerenggangan klep ataupun untuk tujuan bongkar mesin.
  2. Cara yang kedua lebih simpel lagi, agan cukup buka penutup gigi timing yang ada disebelah kiri silinder head, perhatikan tanda O yang ada di gigi timing. Kemudian putar magnet sampai tanda O pada gigi timing tadi sejajar dengan tanda garis di bibir lubangnya, maka posisi piston sekarang sudah pasti pada posisi Top Kompresi.
Demikianlah tips menentukan Top Kompresi motor dari saya, semoga bisa menambah pengetahuan.

No comments: