- Mencuci motor
Jangan biarkan motor dalam keadaan kotor dalam jangka waktu yang lama sampai berminggu-minggu apalagi sampai berbulan-bulan karena kotoran akan lebih susah hilang apabila terlalu lama menempel dan juga motor terlihat kumal. Hal ini harus sering dilakukan apalagi kalau di musim hujan. Karena air hujan mengandung zat asam yang bisa menyebabkan korosi/karat bodi rangka motor. Gunakan shampoo khusus untuk mencuci motor atau shampoo rambut dan setelah itu dipoles dengan cairan pengkilap cat agar cat tidak mudah pudar.
- Cek aki
- Cek busi
- Bersihkan busi setiap sebulan sekali dengan menggunakan sikat kawat.
- Atur kerenggangan busi dengan fuler gauge dengan kerenggangan sekitar 0,6 mm.
- Pergantian busi setiap 8000 km (sesuai rekomendasi pabrik).
- Biasakan untuk menggunakan busi sesuai spek yang dianjurkan pabrik (kecuali motor sudah di rubah speknya menjadi racing).
- Cek kerenganggan rantai
Kerenggangan rantai harus dipantau secara berkala, hal ini sangat mudah karena bisa dilihat langsung oleh mata. Cara mengeceknya dengan menekan rantai sebelah bawa ke atas, toleransi naiknya 2 sd 3 cm. Setelah rantai distel, berilah pelumas khusus rantai agar rantai awet.
- Ganti oli mesin setiap 2000-2500 km
Oli mesin harus diganti sesuai jadwal kalau mesin motor ingin awet dan gak cepat ngebul. Oli motor gak harus yang mahal, tapi sesuaikan dengan spek motor dan takarannya (setiap motor berbeda, tergantung kapasitas mesinnya).
- Bersihkan karburator dan filter/saringannya
Bersihkan karburator dengan Carburator Cleaner atau bensin, Bongkarlah karburator, rendam dan bersihkan semua bagian dalamnya dengan bensin, kalau ada Carburator Cleaner bisa disemprotkan di bagian yang berlubang agar semua jelaga hitamnya bisa luntur. Kemudian keringkan dengan cara disemprot angin bertekanan, kalau tidak punya kompresor angin, cukup ditiup saja. Rakit kembali seperti semula. Untuk filter udara/saringannya ada dua macam, yaitu elemen kertas dan busa. Kalau elemen kertas bersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan dari arah dalam agar debu yang menempel bisa keluar, jangan terbalik (hal ini masih boleh dilakukan jika keadaan filter tidak terlalu kotor, tapi kalau filter sudah terlalu kotor alangkah baiknya kalau diganti yang baru). Sedangkan filter busa dibersihkan dengan cara dicuci dengan air sabun, dan dikeringkan. Catatan : Spuyer dan setelan udara (Pilot screw) tidak usah dilepas ketika karburator dibersihkan untuk menghindari salah pasang, tertinggal atau salah stel kembali, kecuali kalau agan sudah paham.
Demikianlah beberapa tips cara merawat motor yang baik agar motor selalu prima yang bisa agan praktekkan sendiri tanpa bantuan bengkel untuk merawat motor kesayangan agan. Semoga bermanfaat.
No comments:
Post a Comment